Sumber Daya Manusia dan Perencanaannya

Sumber Daya Manusia atau yang biasa disingkat SDM merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformative yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Kualitas sumber daya manusia tentunya tidak terlepas dari kata pendidikan. Sebab, tolak ukur kualitas itu sendiri dinilai dari seberapa dalam pendidikan yang didapat. Dengan kata lain, pendidikan adalah faktor penentu kualitas sumber daya manusia itu sendiri.

Perlu diperhatikan pula komponen dalam menyusun perencanaan sumber daya manusia yaitu tujuan dan perencanaan organisasinya. Perencanaan SDM harus mempunyai tujuan yang berdasarkan kepentingan individu, organisasi, dan kepentingan nasional. Singkatnya, perencanaan sumber daya manusia memberikan petunjuk masa depan.

Untuk membangun sumber daya manusia yang baik, sebaiknya harus direncanakan dari awal. Pertama-tama harus diketahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya. Mengetahui masalah yang menjadi titik pokok dan kemudian menyusun sistem pengembangan sumber daya manusia itu sendiri dinilai sangat positif dalam mengarahkan pembentukan sumber daya manusia yang baik. Kedua, harus mampu membaca situasi SDM di masa kini dan mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan sumber daya manusia yang terampil di segi bidangnya masing-masing, karena peningkatan sumber daya manusia tidak sekedar membangun manusianya untuk menjadi baik dalam bidang tertentu tetapi juga menempatkan posisi yang baik dan diperlukan dalam kehidupan. Ketiga, harus mampu memperkirakan peningkatan sumber daya manusia dan teknologi masa mendatang. Maksudnya adalah dalam membangun sumber daya manusia yang baik selain diberikan materi dari sisi teori harus diselingi dengan pengenalan teknologi yang sesuai dengan era modern dan sesuai dengan kebutuhan.

Jika perencanaan sumber daya manusia dilakukan dengan baik dan benar, maka keuntungan pun akan diperoleh. Keuntungan yang didapat dari perencanaan sumber daya manusia yang baik adalah dengan tingginya tingkat keterampilan pekerja Indonesia. Selain dapat berguna bagi individu itu sendiri, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga dapat membantu peningkatan kualitas sumber daya nasional.

0 Responses
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita