Peningkatan Investasi di Pasar Modal

Tingkat keyakinan publik terhadap kegiatan industri pasar modal perlahan-lahan menunjukan peningkatan yang positif seiring dengan naiknya ekspektasi dan tingkat keuntungan investasi. Keyakinan investor publik diilhami dari meningkatnya kinerja laba di tahun 2010. tidak hanya investor dalam negeri saja yang tergiur untuk memasuki industri pasar modal melainkan juga investor asing. Hal ini terjadi karena investor asing terdorong oleh pemberitaan di media tentang meningkatnya laba dan tingginya kepercayaan terhadap peluang bisnis yang semakin lama semakin menjanjikan di Indonesia.

Saat ini bahkan para investor global sedang mengalami gejala “bullish” dalam melakukan investasi dan portofolio saham hampir di beberapa tahun terakhir ini. Dengan adanya hal ini diharapkan para emiten dapat memperbaiki dan mengembangkan kinerja praktik dan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance. Peningkatan ini dinilai sangat potensial dalam peningkatan industri pasar modal Indonesia dan diharapkan dengan kejadian ini dapat membangun dan mengembangkan kepercayaan para investor untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Selain karena peningkatan laba di tahun 2010, penyebab meningkatnya investor yang turut serta dalam industri pasar modal adalah karena membaiknya kinerja para emiten dalam penyusunan laporan keuangan yang memacu pertumbuhan investasi di pasar modal dalam negeri. Jadi, inilah titik dimana dengan usaha yang baik yang dilakukan dalam rangka menyusun transparansi laporan keuangan perusahaan, investor akan yakin dan berlomba untuk menginvestasikan uang mereka di pasar modal.

Namun, peningkatan investasi ini perlu juga diwaspadai dengan adanya faktor global yaitu gejolak yang terjadi di Libya selaku negara penghasil minyak. Mungkin para investor akan sedikit dikhawatirkan dengan gejolak tersebut, tetapi di sisi lain investor juga tetap bisa diuntungkan dengan positifnya laporan keuangan para emiten , sedangkan indeks yang berlaku akan terjadi tarik ulur antara kejadian yang terjadi di dunia global dengan membaiknya kondisi dalam negeri.

0 Responses
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita