Makanan Manis Bukan Penyebab Utama Diabetes

Walaupun penyakit diabetes atau yang kita kenal dengan kencing manis telah lama diketahui bahkan sejak 1500 SM, sampai saat ini ternyata masih banyak orang yang tidak memahami penyakit tersebut sepenuhnya. Adapun salah satunya adalah anggapan bahwa penyakit diabetes pasti disebabkan karena terlalu gemarnya mengonsumsi makanan manis. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat.

Penyakit Diabetes Bisa Dipicu Akibat Kurangnya Gerak

Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai oleh kadar gula dalam darah yang tinggi. Ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pankreas dan dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi.
Seorang dokter yang bernama dr Rochismandoko, Sp PD mengatakan bahwa gaya hidup kurang gerak adalah faktor utama yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Ia menjelaskan bahwa pola makan yang salah, terlalu banyak duduk, dan kurangnya olahraga merupakan pemicu terjadinya penyakit ini. Penjelasan ini ia sampaikan seperti yang disadur dari Kompas, bertepatan dengan acara peluncuran aplikasi Dokter Diabetes di Jakarta, Rabu tanggal 11 Juni 2014.

0 Responses
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita