Apakah Koperasi Menguntungkan(sec.keuangan)anggotanya?

Bila ditanyakan apakah koperasi sesuai mennguntungkan anggotanya yang dimana modalnya saja diperoleh dari anggota itu sendiri, jawabannya tentu saja iya, karena salah satu tujuan koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapai tujuan itu koperasi menyelenggarakan berbagai usaha yang bermanfaat dan menguntungkan bagi para anggotanya. Hal tersebut dapat kita lihat dari beberapa manfaat koperasi yaitu :
  1. Pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU) Pembagian SHU Bersumber dari anggota SHU. Anggota adalah jasa dari modal dan transaksi usaha yg dilakukan anggota sendiri dan dapat dilakukan secara transparan dan dapat dibayar secara tunai. SHU tersebut dapat diperoleh dari 25% dari SHU yg diperoleh dr usaha anggotanya dan 60% dari SHU yg berasal bukan dari usaha anggota
  2. Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong
  3. Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab
  4. Modal bersama ,dengan modal bersama berarti tidak perlu membayar bunga pinjaman modal.
  5. Operasionalnya di lakukan bersama-sama sehingga tidak banyak mengeluarkan cost pengelolaan.
  6. Melayani kepentingan bersama,sehingga ada kepastian para anggotanya mendapatkan kebutuhan yang di perluakan secara adil.
  7. Pembagian laba yang adil di sesuaikan dengan besarnya pengabdian,sehingga tidak ada yang merasa di rugikan.
Dari manfaat diatas dapat kita simpulkan bahwa koperasi memang menguntungkan anggotanya baik dari  segi materi maupun dari segi skill ,dimana para anggotanya dilatih dalam menjalankan sebuah koperasi. Sebuah koperasi dapat menguntungkan anggotanya apabila dikelola dengan baik. Kunci sukses koperasi adalah anggotanya harus menyimpan simpanan wajib sebesar Rp 50 ribu per bulan, karena dengan dana sebesar itu anggota bisa meminjam di atas 20 juta. Dari bunga yang dikembalikan selama satu tahun, dikembalikan lagi sebesar 40 persen untuk pembagian SHU untuk anggota koperasi, jadi koperasi memang mensejahterakan anggotanya.
[sumber:berbagai blog]

0 Responses
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita