PELANGGARAN ETIKA PROFESI AKUNTANSI DAN SANKSINYA

Nama : REZEKI ROSMINA
NPM :25210826
TUGAS : SOFTSKILL 2 ETIKA PROFESI AKUNTANSI


PELANGGARAN ETIKA PROFESI AKUNTANSI DAN SANKSINYA PADA ERA ORDE BARU

Ada beberapa pelanggaran etika profesi akuntansi dan sanksi yang diterima pada masa orde baru, diantaranya adalah :

  1.  Ada kolusi antara kantor akuntan publik dengan bank yang diperiksa untuk memoles laporannya sehingga memberikan laporan palsu, misalnya mereka memberi laporan bank tersebut sehat ternyata dalam waktu singkat bangkrut. Ini merugikan masyarakat seperti yang dilakukan oleh beberapa KAP di Indonesia yang pernah diaudit oleh pihak BPKB lalu diusut ulang oleh pihak ICW sanksi yang diterima oleh pihak KAP sendiri adalah dicabutnya izin kantor mereka oleh pihak Majelis Kehormatan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
  2. Pelanggaran terhadap prinsip integritas karena tidak memenuhi tanggung jawab profesionalnya sebagai Kantor Akuntan Publik dan prinsip objektivitas karena telah memihak kepada kliennya dan melakukan kecurangan dengan menyogok aparat pajak di Indonesia untuk menerbitkan faktur palsu untuk biaya jasa operasional seperti yang dilakukan oleh KAP KPMG-Siddharta Siddharta & Harsono yang merupakan anak perusahaan dari Baker Hughes Inc. yang tercatat di bursa New York, awalnya pihak Badan pengawas pasar modal AS, Securities & Exchange Commission akan menjeratnya dengan sanksi  Foreign Corrupt Practices Act, undang-undang anti korupsi buat perusahaan Amerika di luar negeri namun dikarenakan Baker mohon ampun akhirnya kasus ini pun terselesaikan di luar pengadilan.
  3. Manipulasi laba yang menguntungkan pihak intern perusahaan dan korporasi, sehingga merugikan banyak pihak dan pemerintah seperti yang dilakukan oleh pihak IM3 untuk tahun buku Desember 2001 dan Desember 2002 sanksi yang diterima oleh Korporasi multinasional yang secara sengaja terbukti tidak memenuhi kewajiban ekonomi, hukum, dan sosialnya ini bisa dicabut izin operasinya dan dilarang beroperasi di negara berkembang.
Daftar Pustaka :
  •  http://erwientriyasa.blogspot.com/2013/01/contoh-contoh-kasus-dalam-etika-profesi.html
  • berbagai web dan blog

0 Responses
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita